Berita

//

Pj Wako Hadiri SPM Awards 2024

2024-04-25 02:59:48 Admin Web Portal


JAKARTA-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau didampingi sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkot Lubuklinggau menghadiri acara Standar Pelayanan Minimum (SPM) Award tahun 2024 di Auditorium Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Kegiatan ini dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo serta pejabat kementerian/lembaga dan para kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.
Dalam sambutannya, John Wempi Wetipo mengatakan mewakili Mendagri, dirinya mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan.
Bagi daerah yang belum berhasil, semoga dapat menjadi inspirasi bagi kota dan kabupaten lain untuk juga meraih, mempertahankan dan terus meningkatkannya.
Menurutnya, dalam pelaksanaan urusan wajib terdapat enam urusan pelayanan dasar SPM. adapun enam bidang yang masuk dalam SPM tersebut antara lain pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan permukiman, ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta sosial.
SPM Awards lanjutnya, merupakan ajang pemberian penghargaan kepada provinsi, kabupaten dan kota yang berkinerja terbaik dalam penerapan SPM, dengan indikator penilaian, Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), Komitmen Anggaran penerapan SPM, pelaksanaan sesuai dengan tahapan- tahapan dalam penerapan SPM, pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).
Saat ini jelas John, dalam pencapaian SPM di tingkat provinsi dan daerah masih banyak yang belum mencapai target. “Kedepan capaian SPM bisa lebih meningkat dan lebih baik lagi,” imbuhnya.
Pada 2024, lanjut dia, harus bisa mencapai tuntas paripurna yaitu 100 persen. Hal ini sesuai dengan target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPKMN) tahun 2019-2024.
Untuk itu, Wamendagri meminta semua daerah harus bekerja lebih ekstra, berinovasi dan berkreasi dalam menangani permasalahan-permasalahan masyarakat, baik di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah.
SPM Award juga dapat mengimplikasi kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan dasar terbaik dan meningkatkan indeks pembangunan manusia serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu, Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa dalam kesempatan tersebut mengatakan capaian SPM Kota Lubuklinggau pada 2023 mencapai 99,36 persen.
Di Sumatera Selatan, capaian SPM Kota Lubuklinggau merupakan tertinggi kedua setelah Kota Palembang.
Adapun capaian SPM tersebut meliputi lima bidang urusan mencapai 100 persen dengan kategori indeks pencapaian SPM Tuntas Paripurna meliputi bidang pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, layanan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas), dan sosial.
Sedangkan bidang kesehatan, capaian 96,14 persen dengan kategori Tuntas Utama.
Ikut mendampingu Pj Wako, Kepala Bappedalitbang, H Emra Endi Kesuma, Kadis Kominfotiksan, M Johan Iman Sitepu, Kadis Perkim, Febrio Fadilah, Kadis Lingkungan Hidup, H Hendra Gunawan, dan Kasubbag Protokol, Hendra Ichsan Pratama. (*/ssm/net)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 2320
  • Kemarin 4668
  • Minggu ini 19813
  • Bulan Ini 14660
  • Total 936389

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?